Senin, 05 September 2011

Satuan Acara Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja

Posted by Scherly Oktaviani at 09.49

1.      Pengertian Kesehatan Reproduksi
Kesehatan reproduksi menurut WHO adalah suatu keadaan fisik, mental dan sosial yang utuh, bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya. Atau Suatu keadaan dimana manusia dapat menikmati kehidupan seksualnya serta mampu menjalankan fungsi dan proses reproduksinya secara sehat dan aman.


2.      Organ  Reproduksi
Ø Organ Reproduksi Perempuan
Keterangan gambar:
1.      Indung telur (ovarium)
Yaitu, sepasang indung telur yang terdiri akan mengahsilkan sel telur.
2.      Umbai-umbai (fimbrae)
Yaitu, bagian dari organ reproduksi yang berfungsi untuk menangkap ovum yang dikeluarkan indung telur.
3.      Saluran telur (tuba fallopi)
Yaitu, saluran jalannya sel telur dari indung telur menuju rahim.
4.      Rahim (uterus)
Yaitu, sebuah rongga terbuat dari otot-otot yang kuat untuk membesarkan bayi selama 9 bulan.

5.      Leher rahim (cerviks)
Yaitu, lubang kecil di bawah rahim. lubang ini membesar ketika bayi ke luar dari rahim.
6.      Liang kemaluan (vagina)
Yaitu, jalan antara rahim (di dalam tubuh perempuan) dengan organ sex bagian luar.
7.      Bibir kelamin (labia)
Berada di bagian luar vagina.

Organ reproduksi wanita terdiri dari organ reproduksi interna (dalam) dan eksterna (luar).
Organ reproduksi interna adalah oorgan reproduksi yang terletak di dalam rongga panggul. Organ-organ iu adalah:
1.      Indung telur (ovarium), yaitu organ reproduksi yang ada dalam rongga panggul, terletak di kiri dan di kanan rahim. Indung telur berfungsimengeluarkan sel telur satu bulan sekali.
2.      Umbai-umbai (fimbrae), yaitu umbai-umbai yang terletak di dekat ovarium yang berfungsi menagkap sel telur yang telah dilepaskan oleh ovarium.
3.      Saluran indung telur (tuba fallopi), yaitu saluran yang dilalui oleh sel telur yang keluar dari ovarium menuju ke rahim.
4.      Rahim (Uterus), yaitu tempat calon bayi tumbuh dan berkembang. Setiap bulan rahim melapisi dinding rahim dengan lapisan khusus untuk menerima bayi. Bila tidak terjadi kehamilan maka lapisan tersebut akan runtuh dalam bentuk darah haid. Tetapi bila perempuan hamil, maka lapisan khusus itu tidak diruntuhkan melainkan dipakai untuk menghidupi janin. Selama hamil, perempuan tersebut tidak akan mengalami haid.
5.      Leher Rahim memisahkan rahim dengan vagina. Bagian ini bermanfaat untuk menjaga agar kotoran dan kuman tidak masuk ke dalam rahim. Bagian ini juga bermanfaat untuk menyangga bayi selama dalam kandungan.
6.      Vagina/liang kemaluan adalah sebuah lubang memanjang seperti tabung. Dari lubang ini keluar darah haid setiap bulan, atau bayi yang dilahirkan.

Organ reproduksi eksterna adalah organ reproduksi yang terletak di bagian luar rongga panggul. Organ ini dapat dilihat dengan mata. Organ-organ itu adalah:

1.      Selaput Dara, berada dalam liang kemaluan, tidak jauh dari mulut vagina. Selaput dara terbuat dari lapisan yang tipis. Ada selaput dara yang sangat tipis dan mudah robek dan ada selaput dara yang kaku dan tidak mudah robek. Selaput dara yang tipis tidak hanya akan robek karena hubungan seks, tetapi bisa robek karena hal lain seperti kecelakaan, jatuh, olah raga.
2.      Bibir kelamin (labia), berada di bagian luar vagina. Ada yang disebut bibir besar dan bibir kecil. Bibir besar adalah bagian yang paling luar yang biasanya ditumbuhi bulu. Bibir kecil terletak di belakang bibir besar dan banyak mengandung syaraf/pembuluh darah.

Ø Organ Reproduksi Laki-laki
Keterangan gambar:
1.      Batang zakar (penis)
2.      Saluran kencing (uretra)
3.      Kantong pelir (scrotum)
4.      Pelir (testis)
5.      Epididimis
6.      Saluran sperma
7.      Kelenjar prostat
1.      Zakar atau Penis
Yaitu,  batang kemaluan yang tidak bertulang. Penis mempunyai beberapa guna yaitu untuk melakukan sanggama, untuk mengeluarkan air kencing dan sebagai alat reproduksi ketika mengeluarkan sperma. Penis akan menegang dan membesar karena terisi darah, bila terangsang. Ini yang disebut sebagai ereksi.
2.      Kepala zakar / penis
Yaitu,  bagian ujung penis yang mempunyai lubang untuk menyalurkan air kencing dan sperma. Kepala Penis merupakan bagian yang sangat sensitif dan bagian yang paling mudah terangsang karena mengandung banyak pembuluh darah dan syaraf. Kulit yang menutupi ujung kepala penis adalah bagian yang biasanya disunat. Sunat adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan penis.
3.      Saluran kemih / Uretra
Yaitu, saluran yang menyalurkan cairan kencing dan juga saluran air mani yang mengandung sperma. Keluarnya kencing dan air mani diatur oleh sebuah katub sehingga tidak bisa keluar secara bersamaan.
4.      Saluran sperma / Vas Deferens
Yaitu, saluran yang menyalurkan sperma dari testis menuju ke prostat.
5.      Epididimis
Yaitu, saluran-saluran yang lebih besar dan berkelok-kelok. Sperma yang dihasilkan oleh testis akan masuk saluran epididimis untuk dimatangkan. Setelah matang, sperma akan masuk dalam saluran sperma.
6.      Pelir / Testis
Yaitu, dua bola kecil berfungsi untuk memproduksi sperma setiap hari dengan bantuan hormon testosteron.
7.      Kantong Pelir / Scrotum
Yaitu, tempat bergelantungnya dua bola kecil yang disebut pelir atau testis, berwarna gelap & berlipat-lipat.
8.      Kelenjar prostat
Yaitu, kelenjar yang menghasilkan cairan mani/sperma yang ikut mempengaruhi kesuburan sperma.
9.      Vesikula Seminalis
Fungsinya hampir sama dengan kelenjar prostat.
10.  Kandung Kencing
Yaitu, tempat penampungan sementara air yang berasal dari ginjal (air seni).
3.      Menjaga kebersihan organ reproduksi
Perubahan fisik selama pubertas harus dikuti dengan perawatan, kebersihan dan kesehatan fisik, terutama alat-alat reproduksi. Selama masa haid remaja perempuan disarankan untuk memakan makanan yang mengandung banyak zat besi (bayam, hati, buah-buahan, dll) karena selama masa haid perempuan dapat mengalami anemia atau kekurangan zat besi dalam darah. cara-cara memelihara kebersihan guna/manfaat memelihara kebersihan.
Tips merawat kesehatan organ reproduksi
Ø  PEREMPUAN
*      Selama haid, menggunakan pembalut wanita untuk menampung darah haid.  Pembalut dapat dibeli di toko ataupun dibuat dengan kain bersih.
*      Mengganti pembalut empat jam sekali, atau lebih sering selama masa haid.
*      Setiap kali buang air, siramlah (basuh) alat kelamin dengan air yang bersih atau pengganti air (tissue).
*      Setelah buang air besar,bersihkan alat kelamin dari depan ke belakang, bukan sebaliknya, agar sisa kotoran tidak masuk ke alat kelamin.
*      Jangan sering menggunakan antiseptik/cairan pembunuh kuman untuk mencuci alat kelamin, khususnya vagina, karena akan mematikan mikro-organisma yang secara alami dapat melindungi vagina
*      Jangan memakai celana dalam yang terlalu ketat.
*      Mengganti celana dalam dua kali sehari.
*      Gunakan celana dalam yang menyerap keringat.

Ø  LAKI-LAKI
*      Mandi secara teratur dua kali sehari.
*      Mengganti celana dalam dua kali sehari dan gunakan celana dalam yang menyerap keringat.
*      Membersihkan anus dan penis dengan air bersih setiap kali buang air besar maupun kecil.
*      Sunat dapat mencegah penumpukan kotoran (disebut smegma) di penis
*      Bagi yang belum disunat, kulit penutup penis ditarik kebelakang agar bagian dalam penis dapat dicuci dengan air bersih setiap kali mandi.
*      Tidak menggunakan celana dalam yang ketat. Celana ketat dapat mengganggu stabilitas suhu testis di dalam buah zakar.

4.      Perubahan-perubahan yang terjaddi pada remaja
Pada masa pubertas atau akil-balik, perubahan fisik remaja seolah-olah terjadi dengan sangat pesat. Menghadapi perubahan-perubahan ini saja seringkali sudah merupakan masalah tersendiri bagi remaja, terlebih lagi bila mereka tidak pernah cukup mengenal tubuh dan berbagai perubahan yang akan terjadi pada dirinya. Kesalahan dan masalah bisa dikurangi bila remaja mengenal tubuhnya dengan baik dan perubahan-perubahan yang akan terjadi pada tubuhnya maupun pada perasaan, pikiran dan pergaulannya. Kesiapan remaja secara fisik dan mental menjalani masa remaja dengan segala perubahannya akan membantunya untuk menjalani masa remaja dengan relatif lebih stabil, dan menghadapi masa depan dengan lebih percaya diri.
Perubahan pada anak perempuan
*        Buah dada mulai tumbuh, sedikit bengkak, dan kadang-kadang sedikit sakit. Buah dada kiri dan kanan bisa saja tidak tumbuh secara bersamaan atau sama besarnya. Hal ini merupakan hal yang normal.
*        Pinggul mulai melebar.
*        Tinggi dan berat badan bertambah secara cukup cepat.
*        Lebih banyak berkeringat dan keringat mulai mengeluarkan bau.
*        Suara menjadi lengking.
*        Mulai terjadi haid/menstruasi, dan ada cairan keluar dari vagina.
Perubahan pada anak Laki-laki
*      Bahu dan Dada melebar,
*      Badan bertambah berat dan tinggi
*      Lebih banyak berkeringat dan keringat mulai mengeluarkan bau
*      Suara pecah, dan menjadi agak berat
*      Alat-alat kelamin seperti penis dan buah zakar membesar. Kadang-kadang terjadi penegangan pada penis (ereksi) dan kadang-kadang keluar cairan ketika remaja laki-laki tidur (mimpi basah)
Perempuan bisa lebih cepat tinggi dibandingkan laki-laki seusia. Tetapi di akhir masa remaja, biasanya laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan seusianya. Hal ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan.
Untuk mengurangi bau, mandilah dengan bersih dua kali sehari.
Suara laki-laki bisa tiba-tiba meninggi lalu merendah atau sebaliknya. Kejadian ini bisa membuatnya malu. Tapi jangan khawatir karena suatu hari hal ini akan berhenti dengan sendirinya.
Cairan putih bening yang keluar dari vagina tidak perlu dikhawatirkan karena merupakan tanda normal bagi remaja perempuan.
Antara usia 10 – 15 tahun tubuh anak-anak mulai berubah : badan tambah tinggi, tumbuh rambut di ketiak dan sekitar alat kelamin, muncul jerawat, wajah berminyak. Pada perempuan : payudara membesar, kadang ada rasa nyeri. Pada laki-laki : suara membesar.
Selain fisik, perubahan juga terjadi pada perasaan, hubungan pertemanan, tanggungjawab.
Usia ini disebut pubertas, artinya menjadi dewasa (tapi belum dewasa lho). lamanya bisa beberapa tahun. proses ini berguna supaya anak-anak remaja terbiasa dengan tubuh yang berubah.
Pubertas terjadi karena ada hormon-hormon tertentu yang berkembang dalam tubuh dan mendorong anak dan remaja tumbuh menjadi orang dewasa.
Begitu tubuh menghasilkan hormon sex - pada waktu pubertas – maka laki-laki bisa menghasilkan sperma dan perempuan bisa menghasilkan sel telur. Bila sperma dan sel telur bertemu di dalam tubuh perempuan, maka perempuan bisa hamil dan melahirkan bayi.
Dalam masa pubertas - ketika perempuan sudah mulai haid- maka secara fisik perempuan sudah siap untuk hamil. Demikian juga laki-laki yang sudah menghasilkan sperma bisa menjadi seorang ayah.
Bila ada sesuatu yang tidak dimengerti atau mengganggu pikiran kamu, sebaiknya selalu bertanya kepada orang dewasa yang kamu percaya.
Semua perasaan atau emosi baru yang muncul adalah sesuatu yang normal. Khawatir terhadap masa depan atau sesuatu yang akan terjadi juga merupakan hal yang wajar.
Mempunyai perasaan-perasaan seksual seperti rasa tertarik, rasa sayang, rasa cinta, ingin dekat pada orang lain, dll. adalah sesuatu yang tidak perlu dianggap salah. Setiap manusia pada dasarnya adalah mahluk seksual. Berbicara dengan orang dewasa yang bisa dipercaya bisa sangat membantu atau mengurangi remaja mengatasi segala kekhawatiran dan ketakutan selama masa pubertas.
Banyak remaja berhasil melewati masa-masa pubertas yang seringkali dianggap masa “bermasalah” ini dengan baik, tetapi juga banyak remaja yang tidak bisa melewatinya dengan baik. Mempersiapkan remaja mengenal perubahan tubuh dan berbagai perubahan lain yang akan terjadi pada dirinya akan membantu mereka untuk menghadapi perubahan dan masalah mereka dengan lebih baik dan benar.
Perubahan akibat kematangan seksual
Secara biologis juga membawa dampak psikologis pada remaja. Risiko psikologis berupa ketakutan, kekhawatiran, rasa bersalah, dll. bisa muncul bila mereka tidak pernah disiapkan untuk menghadapi kejadian haid dan mimpi basah. Membekali remaja dengan pengetahuan yang benar mengenai dua kejadian khusus pada masa pubertas ini bisa membantu remajamengurangi gangguan psikologis yang mungkin dihadapinya.
Ø  Proses menstruasi
*      Menstruasi atau haid adalah proses keluarnya cairan bercampur darah dari vagina perempuan. Cairan ini berasal dari dinding rahim perempuan yang luruh.
*      Kata menstruasi berasal dari kata mensis yang artinya bulan. Jarak antara hari pertama menstruasi ke menstruasi berikutnya biasanya satu bulan. Karena itu menstruasi sering disebut datang bulan.
*      Menstruasi kadang-kadang disertai rasa sakit / mules, bau badan, emosi, dll.
*      Pada waktu haid, pakailah pembalut (softex, stay-free, dll) yang harus sering diganti (sekitar 4 jam sekali) & cuci vagina dengan bersih.
*      Ketika seorang perempuan mulai mengalami haid/menstruasi, maka secara fisik ia sudah bisa hamil.
*      Seorang perempuan sebetulnya bisa saja hamil sebelum mengalami haid bila ia sudah “subur” dan bisa menghasilkan sel telur.
*      Haid berulang menurut siklus tertentu (antara 21 sampai 28 hari sekali selama kurang lebih 3 – 7 hari) kecuali selama masa hamil.
*      Pada masa haid, remaja perempuan harus makan makanan yang sehat, bergizi dan mengandung banyak zat besi agar terhindar dari anemia atau kekurangan zat besi dalam darah.
*      Haid tidak akan keluar secara tiba-tiba dalam jumlah yang banyak, melainkan akan keluar pelan-pelan.
*      Siklus haid mulai waktu seorang perempuan mengalami pubertas dan berakhir waktu menopause.
*      Mengalami siklus haid berarti seorang perempuan menjadi dewasa.
*      Semua itu normal, dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
*      Bila ada masalah, janganlah sungkan untuk berbicara dengan orang dewasa yang kamu percaya.

Ø  Mimpi basah
*      Testis yang terletak dalam buah pelir / zakar laki-laki menghasilkan sperma.
*      Sperma berenang melalui saluran sperma yang mengeluarkan cairan khusus semacam lendir. Campuran sperma dan lendir ini disebut air mani.
*      Pada masa pubertas, produksi air mani bisa sangat cepat sehingga dalam 2 hari saja sudah terkumpul air mani yang banyak.
*      Air mani yang sudah banyak ini kadang-kadang keluar secara spontan (tanpa disadari) pada saat tidur. keluarnya air mani disebut ejakulasi.
*      Karena sering terjadi pada waktu tidur inilah, maka keluarnya air mani disebut sebagai mimpi basah.
*      Remaja laki-laki tidak bisa mencegah bila ia akan mengalami ejakulasi (keluarnya sperma dari penis) atau mimpi basah.
*      Ereksi, ejakulasi dan mimpi basah adalah sesuatu yang normal, dan berarti anak laki-laki akan menjadi dewasa.
*      Tidak selalu ereksi harus diikuti oleh ejakulasi atau mimpi basah
*      Ketika terjadi ejakulasi maka, penis mengeluarkan air mani (mani bercampur sperma).
*      Ejakulasi berarti laki-laki sudah bisa membuat perempuan hamil.


5.      Proses pembuahan dan kehamilan
Ada 3 hal yang harus terjadi dalam proses pembuahan atau kehamilan:
a. ada sel telur di salah satu saluran indung telur dalam tubuh perempuan;
b. ada sperma dari tubuh laki-laki yang masuk dan bergabung dengan sel telur;
c. sel telur yang sudah dibuahi sperma kemudian menempel pada dinding rahim perempuan.
Pertemuan antara sel telur dengan sperma disebut juga pembuahan. Pembuahan mengakibatkan kehamilan pada perempuan. Kehamilan berlangsung sembilan bulan lamanya. Kehamilan sebaiknya hanya terjadi pada orang yang sudah dewasa karena sudah siap secara  fisik maupun emosional untuk melahirkan dan mengurus bayinya.
PROSES PEMBUAHAN PADA MANUSIA
60 Telur yang telah dibuahi ini kemudian berpindah menuju rahim. Ia akan tinggal disini sampai berubah menjadi bayi. Kalian semua tercipta dengan cara seperti ini. Sebuah sperma dari ayah kalian bersatu dengan sebuah telur dari ibu. Kalian mulai tumbuh ketika kalian berada dalam rahim ibu. Ketika telur meninggalkan indung telur ibu, berarti telur itu sudah siap untuk dibuahi. Sperma ayah akan berenang menuju ke telur itu. Banyak sperma yang bisa bertemu dengan telur tersebut, tapi hanya sebuah sperma saja yang masuk ke dalamnya dan membuahinya.
PERJALANAN SEL TELUR DAN SPERMA DALAM PROSES PEMBUAHAN
Pada waktu puber, hormon yang dihasilkan otak memberi tahu organ sex laki / perempuan untuk menghasilkan hormon sex.
Hormon yang diproduksi indung telur / perempuan disebut hormon estrogen dan progesteron
Hormon yang diproduksi oleh testis lakilaki disebut testosteron .
Perjalanan sel telur.
Saat puber (usia 11 – 12) , otak mengirim beritapada indung telur untuk memproduksi hormon sex indung telur memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Estrogen memberitahu sel telur untuk berkembang/matang. Biasanya matang satu per satu. sekitar satu bulan satu kali indung telur melepas satu sel telur yang ‘matang” (disebut ovulasi). Ovum (telur) berjalan ke saluran falopi dan terus sampai ke rahim. Di saluran indung telur / falopi ini sel telur bisa bertemu dan bersatu dengan sperma yang masuk melalui vagina. Persatuan itulah yang menjadi cikal bakal bayi dalam rahim. Telur yang sudah dibuahi sperma pelan-pelan akan melekat pada dinding rahim dan tumbuh menjadi bayi selama 9 bulan. Bila sel telur tidak bersatu dengan sperma - setelah meninggalkan indung telurnya, maka tidak akan terbentuk bayi.  Telur akan pecah dan bersama sebagian dinding rahim luruh / keluar melalui vagina dalam bentuk darah yang disebut menstruasi atau haid.
Perjalanan sperma.
Ketika puber, otak mengirim berita pada testis untuk memproduksi hormon testosteron yang menyebabkan tubuh berubah. salah satu yang diproduksi testis adalah sperma (100 – 300 juta sperma per hari). Sperma berenang melalui saluran sperma yang mengeluarkan cairan khusus campuran sperma dan cairan ini disebut air mani. cairan ini terkumpul sangat cepat. Bila penuh bisa keluar (ejakulasi) melalui penis yang tegang (ereksi) secara spontan dalam mimpi disebut mimpi basah. Laki-laki juga dapat mengalami ereksi bila terangsang (misalnya karena penis diraba-raba disebut onani atau masturbasi). Ketika laki-laki sudah bisa menghasilkan sperma, maka hanya dengan satu saja sperma yang bertemu / bersatu dengan sel telur perempuan pada saat subur, maka perempuan bisa hamil dan sel telur nya bisa berkembang menjadi bayi.



6.      Hubungan seksual dan konsekuensinya
Sudah saatnya orang dewasa lebih membuka mata terhadap kenyataan bahwa di satu sisi remaja kini jauh lebih cepat memasuki masa pubertas dan kematangan seksual dengan segala risikonya; dan di sisi lain, semakin besar peluang mereka terpapar pada informasi dan kehidupan seksual yang tak terkendali. Keterlambatan kita untuk memberikan informasi yang baik dan benar mengenai seksualitas dan kesehatan reproduksi bisa berakibat remaja memperoleh informasi yang menyesatkan terlebih dahulu. Keterlambatan ini juga bisa berakibat fatal bila remaja kemudian terjerumus dalam informasi dan perilaku seksual yang berisiko. Perilaku seksual berisiko dapat mengakibatkan remaja mengalami kehamilan tak diharapkan, aborsi, penyakit menular seksual, HIV/AIDS dan juga mengalami akibat sosial dan ekonomi. Risiko-risiko tersebut bisa menghancurkan masa remaja dan masa depan remaja tersebut. Membicarakan SEX sebagai pengetahuan sudah perlu dilakukan pada usia dini, agar remaja dilengkapi dengan pengetahuan yang benar.
Ø  Sex adalah jenis kelamin, yaitu keadaan biologis manusia yang membedakan laki (cowok) dan perempuan (cewek). Jender adalah pembedaan jenis kelamin berdasarkan nilai dan pandangan masyarakat/budaya tertentu (misalnya perempuan-lembut, laki-laki kasar).
Ø  Sex juga berarti reproduksi sexual : membuat bayi. bagian-bagian tubuh tertentu pada laki (cowok) maupun perempuan (cewek) bisa menghasilkan bayi. Bagian tubuh itu disebut alat kelamin atau organ reproduksi. Semua organ manusia sama antara laki-laki dan perempuan kecuali organ reproduksinya yang juga disebut organ sex. Organ reproduksi laki-laki dan perempuan berbeda karena punya fungsi yang berbeda. Organ sex atau organ reproduksi laki-laki dan perempuan terdiri atas organ bagian luar dan bagian dalam. Organ reproduksi perempuan antara lain vagina dan rahim;sedangkan organ laki-laki antara lain penis dan testis.
Ø  Sex juga berarti rangsangan atau gairah seksual untuk berdekatan dengan orang lain. Rangsangan seksual disebabkan kamu tertarik sekali (seperti magnit) pada seseorang sehingga ada getaran “aneh” muncul dalam tubuh.
Ø  Sex juga punya arti : hubungan sex. hubungan sex antara laki-laki dan perempuan. pertemuan ini biasanya dilakukan orang yang sudah menikah seperti orang tua kamu.
Ø  Seksualitas adalah segala sesuatu yang menyangkut hidup manusia sebagai mahluk seksual, yaitu emosi, perasaan, kepribadian, sikap berkaitan dengan perilaku seksual.
Banyak remaja hamil karena tidak memikirkan lebih jauh akibat-akibat dari perilaku seksualnya. Memang remaja secara fisik bisa melakukan hubungan seksual seperti yang dilakukan orang tua mereka, tetapi secara emosional remaja belum siap. Kehamilan dan akibat-akibat lain dari perilaku seksual pada masa remaja seringkali menganggu kegiatan-kegiatan wajib remaja, dan akibatnya juga bisa menganggu masa depan mereka. Akibat lain dari hubungan seksual yang tidak aman pada masa remaja adalah tertular Infeksi atau Penyakit Menular Seksual. HIV/AIDS yang belum ada obatnya adalah salah satu penyakit akibat hubungan seks yang tidak aman.  Alat untuk melindungi diri dari risiko terkena penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS maupun risiko kehamilan tak diharapkan disebut KONDOM.



PERILAKU SEX DAN KONSEKUENSINYA
Hubungan sex satu kali saja bisa mengakibatkan kehamilan yang tak diharapkan dan/atau penyakit.
Kehamilan bisa terjadi karena organ reproduksi sudah matang, tetapi tidak berarti remaja siap secara fisik, mental dan sosial untuk mengandung, melahirkan, dan mengasuh bayi. Akan banyak persoalan muncul.
Aborsi. Banyak remaja kemudian melakukan aborsi atau pengguguran kandungan. Tetapi melakukan aborsi dengan cara tidak aman, sangat berbahaya bagi fisik dan akan menganggu perasaan dan pikiran. Aborsi yang aman hanya bila dilakukan oleh dokter ahli.
Penyakit menular seksual dan HIV. hubungan sex satu kali saja juga bisa menularkan penyakit bila dilakukan dengan orang yang sudah tertular salah satu penyakit. Ada banyak sekali jenis penyakit menular seksual dari yang paling ringan sampai yang paling berbahaya sehingga perlu penanganan oleh dokter. Salah satu virus yang bisa ditularkan melalui hubungan seksual adalah HIV/AIDS.
*      HIV = Human Immunodefficiency Virus, virus yang merusak kekebalan tubuh.
*      AIDS = Acquired Immune Defficiency Syndrome,
Yaitu,  kumpulan gejala penyakit karena infeksi yang memperlemah sistem kekebalan tubuh. Karena sistem kekebalan tubuh rusak maka tubuh tidak dapat menolak berbagai penyakit yang datang dan akhirnya tubuh diserang berbagai penyakit yang biasanya bisa dilawan tubuh (diare, tbc, dll). HIV ditularkan hanya melalui cairan tubuh orang yang sudah terinfeksi : cairan dari vagina/sperma dan cairan darah (transfusi, jarum suntik), HIV tidak ditularkan melalui cara lain (ciuman, wc bersama, alat makan yang sama, nyamuk, berpelukan, dll). Tapi ada virus lain yaitu virus hepatitis C dan B yang lebih menular. Penderita HIV/AIDS belum tentu orang yang “bersalah“, dan yang bersangkutan tidak mudah menularkan AIDS, karena itu tidak perlu dijauhi. Virus HIV hanya bisa diketahui melalui test darah . Penularannya cukup lama yaitu 5 - 10 tahun. Selama itu penderita tidak terlihat sakit, tapi setelah itu bisa sakit parah dan meninggal.
Kehamilan dapat dicegah dengan cara menunda perkawinan, tidak melakukan hubungan seks (abstinensi), atau dengan menggunakan metode kontrasepsi seperti menggunakan kondom, IUD dan hormon (suntik, pil ataupun susuk KB). Selain untuk mencegah kehamilan abstinensi dan menggunakan kondom juga bisa mencegah berbagai penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual seperti gonore, sifilis, kutil kelamin dan HIV/AIDS. Untuk mencegah HIV/AIDS, juga dengan tidak menggunakan jarum suntik bersama. Bagi remaja, bila saling tertarik dan mulai “berpacaran“, ingatlah untuk saling menjaga dan menyayangi. Cinta tidak ditunjukkan dengan hubungan seks sebelum menikah. Justru bila benar-benar saling menjaga dan saling menyayangi tidak akan membuat pasangannya hamil dan menderita karena putus sekolah, tetapi menunggu hingga benar-benar siap.
7.      Kekerasan seksual
Kekerasan seksual tidak sering terjadi sehingga anak dan remaja juga tidak harus takut secara berlebihan. Tetapi remaja perempuan maupun laki-laki harus selalu waspada mengenai kemungkinan menghadapi kekerasan atau pemaksaaan oleh orang lain.
Kekerasaan dan pemaksaan bisa terjadi secara seksual yaitu ketika orang lain menyentuh/mencium/memeluk/memegang bagian-bagian tubuh seperti daerah dada dan organ-organ reproduksi (kemaluan).
Pelukan dan ciuman antara orang tua dan anak karena cinta kasih bukanlah kekerasan seksual.
Pelaku kekerasan bisa orang yang tidak kita kenal, tetapi seringkali juga orang yang dikenal bahkan saudara atau anggota keluarga sendiri (paman, kakek, dsb). Pelaku bisa orang dewasa maupun remaja.
Walaupun kekerasan seksual atau perlakuan orang lain terhadap tubuh kita tidak selalu sakit, perlakuan tersebut adalah salah.
Kekerasan seksual bisa juga berupa kata-kata, misalnya mengatakan hal-hal yang “jorok “ atau menyebut bagian-bagian tubuh kamu .
Remaja harus selalu ingat bahwa KEKERASAN SEKSUAL BUKAN SALAH KORBAN, melainkan salah pelaku. Karena itu janganlah merasa bersalah dan menyimpan rahasia tentang kejadian tersebut. Sampaikan kejadian tersebut segera kepada orang yang dipercaya (orang tua, guru, dokter, dll).
Melindungi Diri Terhadap Kekerasan Seksual
1.      Jangan mudah percaya pada orang lain.
2.      Jangan menerima tawaran atau ajakan apapaun dari orang yang tidak dikenal
3.      Jangan pernah pergi dengan orang yang tidak dikenal atau baru dikenal, baik laki-laki maupun perempuan, baik dewasa maupun remaja.
4.      Hindari untuk pergi hanya berdua dengan seseorang walaupun ia teman. Usahakan pergi dalam kelompok dengan teman yang sudah dikenal
5.      Selalu laporkan apa yang terjadi pada dirimu kepada orang tua atau orang yang kamu percaya.
6.      Sampaikan keingintahuan atau masalah yang kamu alami dengan orang lain kepada orang yang kamu percaya dan jangan pendam sendiri persoalan.
7.      Bila mendapat bujukan, rayuan, atau ancaman dari seseorang yang ingin menyentuh tubuhmu atau melakukan sesuatu pada tubuhmu : tolak ajakannya dengan tegas, segeralah tinggalkan orang tersebut, dan laporkan kepada orang tua atau orang yang kamu percaya.
8.      Bila terjadi kekerasan seksual, yakinlah bahwa itu BUKAN SALAH KAMU dan jangan menyimpannnya sebagai rahasia. Segeralah lapor kepada orang tua atau orang yang kamu percaya.
MENOLAK AJAKAN
Meskipun kita harus bergaul dengan sesama teman tanpa memilih-milih, namun kita harus  agar pergaulan tidak merugikan dan membahayakan diri kita. Sedekat apapun hubungan pertemanan kita, kita harus selalu berani menolak ajakan yang
1.      Tidak bermanfaat (misalnya jalan-jalan atau nonkrong sampai malam),
2.      Jelas merugikan atau melanggar kesopanan (misalnya permintaan untuk meraba-raba bagian tubuh kita)
3.      Menakutkan atau mencurigakan (misalnya mengajak masuk kamar berdua waktu tidak ada orang tua).
Menolak ajakan teman tidak perlu dilakukan dengan kasar atau marah, tetapi dapat dilakukan dengan halus dan sopan tetapi harus tegas, dan dengan alas an yang masuk akal. Dengan cara yang baik tetapi tegas, teman yang mengajak dapat mengerti dan berhenti merayu atau memaksa kita. Carilah alasan yang tepat untuk menolak seperti : “ terima kasih, tapi saya tidak mau karena saya tidak suka nongkrong “, “ terima kasih, tapi saya tidak mau karena saya harus selalu meminta ijin orang tua “, “saya tidak mau karena saya harus mengerjakan hal penting di rumah “.
TIPS UNTUK MENOLAK AJAKAN
1.      Untuk dihargai orang, tidak harus selalu mengikuti kemauan orang lain. Orang yang berpendirian kuat biasanya lebih dihargai dan disukai teman-temannya. Katakan saja : “maaf, saya tidak mau mencobanya “.
2.      Menolak ajakan harus disampaikan dengan jelas dan tegas. Katakan : “tidak, terima kasih!“; atau “maaf, saya tidak bisa ikut “ .
3.      Bila perlu atau merasa tidak nyaman, segeralah tinggalkan tempat tersebut tanpa ragu. Katakan : “saya harus pergi, saya harus bertemu dengan seorang teman“; atau “ada hal lain yang harus saya kerjakan! “.



Baca Juga...^^Related Post



0 comments:

Posting Komentar

Tukar link yukk...

 

❤✿ CheeliCious ✿❀ Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare